Jumat, 06 Mei 2011

kebudayaan

kebudayaan
defenisi
Secara Antropologis Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan , tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
(C. Wissler, C. Cluckhohn, A. Davis, A. Hoebel)

Kata “kebudayaan” berasal dari bahasa sanskerta buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari budhi yang berarti akal atau budi. Ada juga para ilmuwan yang mengupas kata budaya sebagai perkembangan dari kata majemuk budi – daya. Dengan demikian budaya adalah daya dan budi yang berupa cipta, rasa dan karsa. Sedangkan kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa itu.

Sementara dalam bahasa Inggris kebudayaan di sebut dengan culture yang berasal dari bahasa latin, colere yang berarti mengolah, mengerjakan, terutama tanah atau bertani. Dari sini kemudian berkembang menjadi culture yang yang didefenisikan sebagai segala daya upaya serta tindakan manusia untuk mengolah tanah dan mengubah alam.
Wujud kebudayaan
J.J. Honnigmann dalam The world of Man menyebutkan, ada 3 wujud kebudayaan:
Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks ide, gagasan, nilai, norma, peraturan dan lainya.

Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat.
Wujud kebudayaan sebagai benda – benda hasil karya manusia.
Sistem nilai budaya
Sistem nilai budaya merupakan tingkat yang paling tinggi dan abstrak dari adat istiadat. Hal ini disebabkan karena nilai budaya merupakan konsep – konsep mengenai sesuatu yang ada dalam alam pikiran sebagian besar masyarakat yang mereka anggap bernilai, berharga dan penting dalam hidup sehingga dapat berfungsi sebagai suatu pedoman yang memberi arah dan orientasi pada kehidupan para warga masyarakat


Menurut C. Cluckhohn, ada lima masalah dasar dalam kehidupan manusia yang menjadi landasan bagi kerangka variasi sistem nilai budaya:
Masalah hakikat hidup manusia
Masalah hakikat dari karya manusia
Masalah hakikat dari kehidupan dalam ruang waktu
Masalah hakikat dari hubungan manusia dengan alam sekitarnya
Masalah hakikat dari hubungan manusia dengan sesama.
Unsur – unsur kebudayaan
Bahasa
Sistem pengetahuan
Organisasi sosial
Sistem peralatan hidup dan teknologi
Sistem mata pencaharian hidup
Sistem religi
kesenian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar